Langsung ke konten utama

Kebersamaan Menguatkan Kita!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Setelah di tulisan sebelumnya gue mencurahkan isi hati tentang sahabat waktu SMP sekarang waktunya gue ngasih tau ke kalian gimana bisa survive hidup seorang an introvert selama di sekolah dari gue SD-SMA itu. Enjoy ya! Much love! xx

--------------*******-------------------*********-------------********

Setelah kalian udah baca panjang x lebar di cerita blog sebelumnya, kalian masih mikir gue anaknya easy going or not? The Answer is Perfectly Not. Gue masih dengan ke ansos an dan kesendirian sedemikian rupa hingga gue mungkin sampai saat ini masih nyaman sama sifat gue yang suka menyendiri, gak gampang gaul sama orang lain, suka apa-apa pokoknya sendiri deh. Bahkan masak mie pun sendiri, nyuci baju sendiri, tidur pun sendiri:( mohon maf jadi curhat sekaligus nyanyi:D.


Terlihat bukan seperti anak introvert pada umumnya bukan? Malah lebih ke jijik ya liat foto ini:D btw, ini diambil ketika perlombaan Marching Band Se-kabupaten Karawang, SMP gue yg dulu mengirimkan Ekskulnya untuk ikut serta dalam perhelatan lomba ini, ya walaupun gak menang tapi kita semua seneng udah berpartisipasi sama kegiatan ini. Please, jangan salah fokus sama anak disamping gue, gue udah lupa siapa namanya.


Tantangan terbesar yang gue hadepin saat menjadi anak introvert itu ketika mulai naik kelas 3 SMP karena, disitu gue harus akhirnya pindah sekolah sekalian pindah rumah juga dari Karawang ke Cirebon, tempat kelahiran mamah gue disitu. Sebenarnya, gue mau-mau aja sekolah dimanapun itu yang penting gue bisa nyaman dengan gurunya (please nyaman disini bukan apa-apa ya) nyaman sama metode belajarnya sama lingkungan di sekitar sekolah juga. Tapi, itu semua sirna bak bumi dan langit. Kehidupan gue di sekolah yang baru ini malah membuat mental gue drop se drop drop nya, karena harus adaptasi dan belajar untuk sosialisasi lagibsama suasana dan lingkungan teman yang baru pula, yang kalian semua tau gak semua anak introvert bisa langsung klop dan cepat untuk beradaptasi. Memang, di keluarga gue mungkin hanya gue yang memiliki kepribadian introvert, yang lainnya gue liat dan cermati mereka lebih easy going kalo diajak kemana dan sama siapa saja, apalagi adik gue Mia dia berbanding jauh, malahan dia lebih ekstrovert dan tergolong aktif sama lingkungan.





Lambat laun, gue menginjakan kaki di sekolah baru itu awalnya berjalan lancar tapi, di pertengahan semester gue mulai ngerasa gak nyaman sama lingkungan temen-temen gue disini, ya walaupun gatau juga mereka anggep gue temen mereka atau bukan. Yang jelas, gue anggep mereka temen. Maklum sekolahan gue sekarang jauh dari hiruk pikuk kota, di masih dalam lingkungan pedesaan yang asri dan sejuknya mengalahkan ubin masjid deh pokoknya! Gue seneng sama suasana di pedesaan gini, tapi disisi lain gue gak nyaman sama teman dan pergaulan nya ibarat kata semacam kayak culture shock! Kalau orang menaruh kata itu sebagai siswa yang mengalami kebudayaan kaget di luar negeri tapi, gue malah kagetnya di dalem negeri sama pedesaan pula gak etis banget ya! :( ok lanjut, setelah selama 1 semester gue lalui banyak hal dari pahitnya kehidupan sampai pahitnya bikin pare oun gue makan! *gadeng canda*. Waktu itu gue masuk di kelas IX C kelas dimana menurut gue kelas buangan yang didalamnya cuma anak-anak yang numpang pake seragam terus cabut ketika gak ada guru yang masuk, emang sulit ya mengatasi budaya cabut di indo. Sempet waktu itu gue diajak untuk cabut dari sekolah cuma gue tolak, karena ya gue mau tetep di sekolah lah sampe jam pulang teng! dibubarkan. Dikatain lah culun, anak mamih, anak kota yang gak berani. Begitu dikatain seperti itu, gue langsung tuh jadi se drop dropnya, rasanya pengen ngelamar tapi anak baru, pengen nangis malu udah berbunyi, emang bikin dilema.
Ini pas gue ngerayain ulang tahun wali kelas sama temen temen ambyar satu ini! Disitu ada, Syifa, Perdi, Jihan, Sama Rika. Hehe maaf ya agak aib fotonya tapi gapapa lah biar bisa di kenang juga~


Selama kurang lebih 1 tahun akhirnya gue lulus juga dari SMP gue yang berlokasi di Cirebon ini, Alhamdulillah. Banyak juga yang gue pelajar disini salah satunya jadi orang harus jujur dan apa adanya. Disini gue menemukan juga banyak sekali hal-hal yang gak gue dapet di sekolah gue yang dulu, disini semua orang welcoming banget gak ada perbedaan ras, suku, bahkan status sosial sekalipun semuanya berhak memiliki kesempatan untuk belajar, menimba ilmu, sosialisasi, dan bersaing. Ngomonin soal bersaing, gue disini pernah ikut lomba fashion show busana muslim untuk pertama kalinya! Wkwkw *cringe* sama temen gue Anita. Disitu gue didandanin dari pagi jam 08.00 acaranya mulai jam 09.00 ada waktu 1 jam buat latihan sebentar dan ngumpulin mental gue untuk berhadapan dengan orang banyak dan harus berlenggok layaknya model majalah ABG :D pas acara mulai gue deg degan-an setengah mampus! Dengan wajah sumringah gue senyum selebar daun kelor, jalan macem catwalk ke dewan juri, hahaha asli itu pengalaman tergokil yang pernah gue alami. Setelah itu tiba saatnya waktu perpisahan dan gue ditunjuk sama wakasek kesiswaan untuk perwakilan dsri kelas IX untuk sungkem kayak acara tradisi gitu, disini kalo mau perpisahan harus sungkem sama semua jajaran guru dan memnyampaikan sepatah dua patah kata, kesan dan pesan selama belajar disini. Disitu gue nangis sesegukan kayak waktu dulu di SD gue juga ngelakuin hal yang sama cuma bedanya,ini gak jadi penyanyi tapi jadi siswa biasa aja yang nyampein kesan sekolah disini kebetulan, gue anak baru dan mungkin itu alasan gue ditunjuk bapak kesiswaan untuk maju mewakili temen temen yang lain. Singkat cerita, gue abis dari acara perpidahan itu gue foto foto sama temen temen yg lain, sebenernya gue lumayan terkenal sih di sekolah itu HAHA ngeselin gak tuh? Iya karena gue murid baru jadi orang orang pada ngeliatin gue mulu, dan pada cari tahu siapa sih anak ini tiba tiba dateng aja. Sayangnya, foto foto waktu itu filenya ilang ada d hp gue yg samsung itu:( sedih deh banyak kenangan juga di hp itu. Tapi untuk foto nya waktu gue jadi perwakilan kelas IX gua taro di twitter deh kayaknya semoga aja masih ada! Hihi


Foto ini saksi bahwa gue pernah alay pada masa nya:( Asli, tempatnya dibelakang tuh indah cuy macam hollywood land yg di USA  gitu haha. Bela-belain koncoku naik motor kesitu jalanannya nanjak juga, beuh struggling nya jangan ditanya. In frame : Dari kiri ; Kurniadi a.k.a deden, Ifan, Laras, Mutia, Lina a.k.a ima, dan yg lagi nyengir itu gue! eh, yg dibelakang tukang foto ada si Abdurrahman a.k.a aab kasian jadi fotografer doang hehe._.

Habislah sudah kenangan gue menempuh masa SMP ini dengan penuh cerita seru, sedih, kecewa, pokoknya campur aduk deh kayak nasi lengko! Tuhh jadi ngiler. Sehari setelah selesai acara perpisahan gue langsung balik lagi sempet ke karawang untuk meet up sama temen temen disana si BACENAR itu salah satunya. Oiya, btw di sekolah di Cirebon ini gue gak putus kontak ko sama mereka kita pernah skype-an pada masa itu video call di whatsapp belum ada bahkan aplikasi WhatsApp pun kayaknya gue belum punya deh( mulailah gue video call pake hp samsung itu, ngekiatin suasana disana temen temen gue disini gini gini banyak yang uniknya, hehe. Pokoknya seru deh kalo soal bicara temen atau sahabat gak ada ujungnya.

Sesudah itu semua, mamah rencana gue masuk SMA mana yang di Cirebon di SMA mana, sempet bingung juga karena waktu itu di daerah tempat gue akses kendaraan lumayan susah jadi harus naik angkot itupun jarang dan harus pagi banget kalau mau sekolah di kota.Hm

Akhirnya Mamah mutusin untuk gue sekolah sambil pesantren, ya mengamalkan yang dulu TK al-qur'an gue dulu itu lho, supaya di kembangin lagi ilmu agama nya dan juga mentepin kekmana juga kata mamah tuh. Awalnya gue nolak! Karena kalian bayangin! Gue anak yang pemalu, gak bisa sosialisasi, jarang ketemu orang baru, kalaupun mau ngobrol pasti PDKT nya lama banget. Lah ini gue di masukkin pesantren yang notabene nya kita harus mandiri ( Bukan nama BANK ya ) dituntut untuk bisa segalanya, dan kegiatan dari tidur, bangun, sekolah tu diatur sedemikian rupa supaya lebih mendisiplinkan waktu santri sekaligus siswa nya juga. Btw, gue dimasukkin pesantren di daerah pliss bangetttt, jauh dari keramaian bahkan nih ya ngedenger suara motor, mobil itu hampir gapernah gila gak tuh! Al-Shighor nama pesantren itu di Desa Ender, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon Plosok (ini gue ngarang aja namain kabupaten ada plosoknya,padahal gak ada). Gue juga nyambi sama sekolah umum yaitu, SMK AL-SHIGHOR iya suka jadi anak multi talenta masuk SMK kata mamah sih.

Hari demi hari gue lalui sebagai santri di ponpes itu, mulainya gak betah asli! Pengennya kabur aja rasanya, pesantren ini ibarat penjara suci bagi gue. Gak boleh keluar, makan 1 nampan bareng-bareng lauknya gak pernah ganti lagi! *huek* tapi itu semua tak lain dan tak bukan banyak filosopi yang terkandung di dalamnya, mengajarkan kita untuk kebersamaan dalam segala hal, tanggung jawab, dan juga saling tolong menolong dalam situasi apapun, kayak waktu itu gue ada rencana kabur dari pesantren bareng temen gue Nurman, Dawud dia datang lebih lama dari sebelum gue (mksudnya gue duluan, mereka datang nya abis gue,ngerti kan? Gangerti?! Pintu keluar sebelum sana ya! *nunjuk pintu*). Waktu itu gue pengen main ke Mall yang ada di kota bareng mereka, kebetulan kegiatan kepesantrenan lagi libur jadi ini timing yang tepat untuk pergi. *devil laugh*. Nurman, dan gue rencanain strategi nya dibantu sama senior disitu juga Aep namanya, kita seumuran tapi muka dia boros jadi terlihat lebih kolot dari kita wkwk. Setelah merencanakan hal ini, kita langsung eksekusi pergi lewat pintu belakang pondok, dan Berhasil! Berhasil! Hore!! We did it! ( jangan sambil nyanyi kayak dora dong kaliann bacanya! HAHAHA )


Sampe di jalan raya, Gue, Nurman, Dawud, Aep naik elf ke kota dengan ongkos 10 rebu perak saat itu cuma sampai terminal jadi kita harus naik lagi angkot ke Mall itu 2 x naek umum jatohnya, untungnya ongkos dibayarin sama si Nurman jadi hemat lah kita wkwk. Sampe disana kita bercanda, Aep ke Mall kalian tau dia mau ngapain? Ketemuan doang sama cewe mau nganter beli buku d gramedia! ALAMAK! Beruntung banget lu ep! *dalam hati gue* Yowis lah gue, Nurman, Dawud kita sepakat untuk pergi ke warnet buat main game online. 'Gila gak tuh, jauh jauh ke kota cuma buat main warnet?!!! Gue sih kalo di karawang tinggal jalan kaki aja depan sekolahan SMP udh ada warnet! Hm, lagi-lagi gue ngedumel'. 

Akhirnya, setelah kita puas selama 3 jam beras diluar ponpes ada kekhawatiran ' Nanti dimarahi Ustadz gak ya,kalo balik lagi,ep?'. 'Wis, tenang bae ada kita, gue udah sering kabur kabur gini gak ketahuan.' ' Bener ya, ep?? Gue takut kena marah nih!'.

Alhamdulillah,kita semua pulang ke pondok dengan selamat. Ya walaupun gatau juga nanti tiba-tiba dipanggil buya ke pengasuhan kan ngeri! Bisa bisa abis nih kepala kena botak plontos, apalagi peraturan disini kan lumayan berat. Hiii gue mulai takut setengah mati!. Tapi lama kelamaan, besoknya kita semua gak ada tuh yang dipanggil ke pengasuhan, lagi-lagi bersyukur Alhamdulillah, mungkin karena do'a anak sholeh ya! Hehe.

Dan pada akhirnya, gue harus pindah dari ponpes Al-Shighor ini karena gue mulai gak nyaman dan gak betah lagi karena kepribadian dan sifat gue yg tertutup dan belum bisa cepet beradaptasi. Heuh emang serba salah ya jadi orang kayak gue! Repot yang ada.


Hari berlalu,setelah gue pindah dari al-shighor orang tua gue sepakat untuk pindahin gue ke boarding school yang berlokasi di Kuningan, Jawa Barat. Hal yang ngebuat gue pindah kesitu, selain deket dari rumah juga yang punya yayasan nya kenalan dari Bapak nya Dawud! Ya temen gue seangkatan sama Nurman di cirebon itu. Hehe, lagi-lagi semesta mempertemukan kita lagi. Di pondok ini akhirnya gue menemukan jati diri gue sesungguhnya yang tadinya introvert akhirnya mulai membuka diri jadi orang yang aktif dan seenggaknya gak separah waktu gue SMP lalu.



-----------------********************************----------------





Eitssssss nanti dulu,masih ada lanjutannya lho!!!!, soal gue pindah dari sekolah di kuningan ini. Masih penasaran?! Comment dibawah dong yang membuat kalian penasaran gue buat lagi ceritanya. Ya walaupun gue tau pasti gak ada sih *pesimis gila* Ya apapun komen aja dibswah ya apakek! Tulis uang jajan kalian waktu sd berapa, atau makanan pinggir jalan apa yg kalian suka apapun itu! See ya on the next chapter! Much love!šŸ–¤

Komentar

  1. Ada yang kelewat gung pas zaman smp

    BalasHapus
  2. iya emang shel, banyak yang kelewat soalnya udh rada rada lupa... thanks ya uh mampir^^

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapapun kamu,mkasih udh komentar,maaf kepencet hapus di template jadi gak keliatan siapa dan apa komentarnya.. pas dong kasih tau siapa:(

      Hapus
  4. I knew it. Introverts bruddah, haha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Weird Idiot sama dengan Agung

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Well hello people! Balik lagi sama gue, Agung Sebenernya motivasi gue bikin tulisan ini karena udah terlalu banyak draf yang numpuk, bukannya di post malah di diemin gitu aja dasar si anak labil. Anyway, gue mau kasih tahu ke kalian bagaimana gabutnya gue selama hidup di dunia yang fana ini. ****************---------------**************** Karena ada yang nyebut gue: "Ih dasar anak gabut, gak ada kerjaan lu! Gapenting." Oke, gue akan menggembleng semua kegiatan yang gapernah gue kasih tau ke kalian kalian semua pembaca nan budiman ini. Gabut gue terjadi bukan terjadi gitu doang, karena ada sebab-akibatnya juga, jangan ngadi-ngadi lu emang nya gue apaan?? *pake nada ngomong keanu angelo wkwk* Gabutnya gue ini terjadi karena beberapa faktor, jujur yang paling mendasar gue gabut adalah udah bingung mau ngapain lagi, kerja udah keras kaya batu bata yang udah di panggang, ada kalanya juga gue gabut karena udah capek kayak orang uring-uring

Chill, gue banyak omong nih!!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. Well hello people! Ketemu lagi sama gue Agung, si anak gabut yang nulis di blog ini. Kembalinya nulis lagi, gue selalu dapet ide yang kalian gatau bakal gimana nantinya judul dan isinya, semoga memberikan dampak yang baik terutama untuk diri gue pribadi, semoga juga nyampe ke kalian ya!! Enjoy readingšŸ–¤ **************----------------***************** Gue nulis ini lagi liatin tv acara Tokopedia yang di tayangin di hampir seluruh siaran tv nasional, gila si yang bikin tu acara gue amaze banget, kenapa? Duitnya banyak banget kali ya? Atau mereka emang lagi gabut gatau mau ngapain? Kalo sampe iya lebih gila sih, gue aja gabut makanin pasir eh CEO nya bikin acara tv segila itu. Hm kayaknya harus ngilmu (read: belajar) deh supaya bisa kaya gitu. Wkwk. Anyway, udah mulai tahap transisi sih dari PSBB Covid'19 kemaren, banyak yang berubah, banyak juga yang makin aneh masyarakat nya sih, ya begitulah Bhinneka Tunggal Ika warga +62 suka out of th

Sajak Asal-Asalan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. Well hello people! Ketemu lagi sama gue Agung. Enjoy aja ya sama tulisan gue kali ini, semoga kalian suka dan dapat dimengerti, ya paling engga dibaca aja gue udah bersyukur banget:') Happy reading!!!!!!^^ *****************------------------*************** Hidup ini sudah terlalu drama mari kita cuek aja guys, kaya puisi ini : Hidupku, tak seindah hidupmu Bukan berarti ini aku kecewa Melainkan menerima dengan lapang dada Senja begitu indah dikala hadir ditengah kita Namun, kabut pun terasa hangat di lerung nestapa Apa salahnya kita mengadu? Apa salahnya kita inginkan lebih? Hidup bukan soal aku dan kamu Tapi, kita semua. Sudah lama aku impikan  Kehidupan yang aku inginkan Tapi.... Sudahlah, aku tak ingin banyak berharap Lewati semua proses, bekerja dengan keras Akankah hasilnya mulus? Kurasa tidak Akankah hasilnya buruk? Kuusahakan jangan. Hiduplah dengan santai  Ketika orang lain banyak berharap Disitulah kamu banyak usaha Ketika orang